CUPU TAPI SUHU

Ada lho orang yang gak pintar pemasaran, layanan biasa saja, jarang promosi, tapi bisnisnya sukses, jualannya laris, barang habis. Untungnya gede pula.

Bisnisnya gak kayak bisnis biasa yang udah buat iklan belum tentu orang baca. Orang baca belum tentu tertarik. Tertarik pun belum tentu beli. Ribet

Bisnis yang lagi dibahas ini lepas dari semua kerumitan teori pemasaran. Semua buku pemasaran disimpan dalam lemari deh, pendek kata.

Bingung..? Kok bisa ? Menarik untuk diduplikasi caranya nih. Pasti pada mau tau, ya kan….? Kamu nenyea..?

Betulan bisa ? Teori doank kali ?

Lah, dikasih tau malah mempersulit diri sendiri. Pikiran itu seperti parasut, bekerja hanya bila terbuka, ingat.!

Kuncinya punya 2 hal ini sekaligus, Anda tetap bisa sukses jualan walau tidak pintar pemasaran :

1. BARANG DIBUTUHKAN
2. PESAING TAK ADA / SEDIKIT

Bahasa ekonominya :
DEMAND TINGGI, SUPPLY RENDAH, permintaan tinggi, penawaran rendah. Yang mau beli banyak, yang jual sedikit.

Gaya-gaya pasar monopoli lah, sendirian di pasar. Atau pasar oligopoli, kita-kita aja yang ada di pasar.

Dua pasar ini, monopoli dan oligopoli, orang pasti nyari walau layanan mereka di bawah standar sekalipun.

Coba ingat rasanya naik penerbangan murah yang “itu”, atau urusan sama BUMN yang menyediakan hajat hidup kita, layanan suka-suka mereka tapi kita tetap cari mereka kan..?

Kata bosnya itu Airline “They Have No Choice” mereka gak ada pilihan. Take it or leave it. Ambil atau pergi sono. Sadis tapi emang betul, kita gak ada pilihan.

Kalau bisa menguasai pasar seperti ini, orang yang datang cari Anda. Mau layanan jelek gimana, orang terima. Gak pake jurus-jurus yang sakti tetap juga duit ngalir.

BACA JUGA :   TUKARAN KEBAIKAN

Trus apa donk bisnisnya? Ya Anda yang mikir, temukan. Saya kasih tau ide besarnya, eksekusi balik ke kisanak.

Carilah BARANG YANG DIBUTUHKAN, YANG PESAING TAK ADA / SEDIKIT.

Kalo tar ketemu dan dieksekusi, lalu sukses, komen orang-orang yang selama ini anggap Anda sepele, “Kita kira dia cupu, ternyata suhu”.