MERANCANG PENDAPATAN

Pendapatan yang direncanakan akan lebih mungkin untuk didapat daripada pendapatan yang tidak direncanakan.

Angka yang disiapkan menjadi kompas.
Anda jadi tahu masih berapa jauh, mesti jual sekian lagi, kurang berapa lagi.

Jadi ada gambaran setiap bulan / minggu / hari mesti jualan berapa.

Pendapatan tidak lagi bergantung nasib-nasib-an, tapi di tangan sendiri.

Merancang pendapatan bisa dilakukan dengan sangat sederhana, menggunakan matematika dasar sekalipun.

Hanya semudah A x B, dimana
A = kuantitas
B = untung bersih

Rumus ini berlaku tidak hanya untuk yang jualan barang, tapi jualan jasa pun bisa. Barang/Jasa kita sebut nya Produk saja ya biar mudah.

Anda merencanakan mau punya penghasilan 30 juta sebulan misal.

30 juta ini bisa didapat dari berbagai kombinasi.
• 1 x 30 juta, jual 1 produk yang kasih untung 30 juta seunit,
• 2 x 15 juta, jual 2 produk yang kasih untung 15 juta seunit,
• 30 x 1 juta, jual 30 produk yang kasih untung 1 juta seunit,
• 100 x 300 ribu, jual 100 produk yang kasih untung 300 ribu seunit,
• 500 x 60 ribu, jual 500 produk yang kasih untung 60 ribu seunit, dan seterusnya..

Emang ada produk yang kasih untung 30 juta seunit? Ada, lebih pun ada.

Contoh yang mudah dan sehari-hari bisa ditemui nih : Jualan mobil second, Event Organizer, Jasa Reklame.

Buka pikiran+ banyak menggali saja kuncinya, akan ketemu.

“Ah, sulit, yang lebih gampang donk contohnya, Pak”

Oke, ambil contoh lain, yang angkanya lebih kecil yaa, 30 juta sebulan didapat dengan jual 500 produk, untung 60 ribu seunit.

Potong hari Minggu, sehari cuma perlu jual 20 buah lho. Sangat masuk akal kan ?

Tapi barang apa yang untung 60 ribu seunit?

BACA JUGA :   FRAMING 4 SELLING

Makna SEUNIT ini jangan di sempit kan jadi 1 buah, kan bisa jadi 1 kotak, 1 dus, 1 rim, 1 lusin, 1 galon, 1 drum, atau 1 satuan lainnya.

Sehingga, ada banyak sekali yang bisa kasih untung segitu.

“Hmm, pak Wandi ceritanya kayak mudah banget, semudah itukah ?”

Memang berlaku Syarat dan Ketentuan agar angka-angka ini bisa terwujud :

– Produk Anda DIBUTUHKAN orang. Jualan jadi mudah dan ada pasarnya. Jangan pilih produk yang gak penting, orang belinya iseng, bisnis cepat mati.

MARKET SIZE / UKURAN PASAR nya harus besar, agar bisnis bisa berkelanjutan. Jangan salah pilih kolam tempat Anda pancing. Kolam kecil ya ikannya sedikit.

“Masih sulit juga Pak, saya nih gak PD jualan”

Ya udah, minta duit saja sama papa mama, paling mudah. Gak pake keringet. Situ umur berapa..?

“58, pak Wandi”